Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk

cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk

Penyebab File Terhapus dari Flashdisk

mengembalikan flashdisk terhapus pressburner

File dapat terhapus dari flashdisk karena berbagai alasan. Berikut adalah beberapa penyebab umum:

Penghapusan Tidak Disengaja

  • Menghapus file secara tidak sengaja dengan menekan tombol “Delete” atau “Shift + Delete”.
  • Menyeret dan menjatuhkan file ke Recycle Bin tanpa sengaja.

Format Ulang

  • Memformat ulang flashdisk akan menghapus semua data yang tersimpan di dalamnya, termasuk file.
  • Format ulang dapat dilakukan secara tidak sengaja atau sengaja untuk memperbaiki kesalahan atau mengubah sistem file.

Serangan Virus

  • Virus dapat menginfeksi flashdisk dan merusak atau menghapus file.
  • Virus dapat menyebar melalui unduhan atau lampiran email yang terinfeksi.

Metode Pemulihan File

Jika Anda tidak sengaja menghapus file penting dari flashdisk, jangan panik. Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk memulihkannya.

Pilihan metode pemulihan file tergantung pada beberapa faktor, seperti sistem file flashdisk, tingkat keparahan penghapusan, dan ketersediaan alat pemulihan. Berikut adalah beberapa metode pemulihan file yang umum digunakan:

Perangkat Lunak Pemulihan File

Perangkat lunak pemulihan file adalah pilihan yang efektif untuk memulihkan file yang terhapus. Ada banyak perangkat lunak pemulihan file yang tersedia, baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa perangkat lunak pemulihan file yang populer antara lain:

  • Recuva
  • EaseUS Data Recovery Wizard
  • Stellar Data Recovery

Untuk menggunakan perangkat lunak pemulihan file, Anda perlu menginstalnya di komputer Anda. Setelah terinstal, Anda dapat memindai flashdisk untuk mencari file yang terhapus. Perangkat lunak pemulihan file akan memindai flashdisk dan membuat daftar file yang dapat dipulihkan. Anda kemudian dapat memilih file yang ingin dipulihkan dan menyimpannya ke lokasi yang berbeda.

Baris Perintah

Jika Anda tidak ingin menggunakan perangkat lunak pemulihan file, Anda dapat mencoba memulihkan file yang terhapus menggunakan baris perintah. Metode ini lebih teknis daripada menggunakan perangkat lunak pemulihan file, tetapi dapat efektif jika dilakukan dengan benar.

Untuk memulihkan file yang terhapus menggunakan baris perintah, Anda perlu membuka jendela baris perintah dan menavigasi ke direktori tempat file tersebut dihapus. Setelah Anda berada di direktori yang benar, Anda dapat menggunakan perintah berikut untuk memulihkan file:

attrib -r -a -s -h filename.ext

Ganti “filename.ext” dengan nama dan ekstensi file yang ingin dipulihkan.

Layanan Online

Ada juga beberapa layanan online yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan file yang terhapus. Layanan ini biasanya berbayar, tetapi dapat menjadi pilihan yang baik jika Anda tidak memiliki perangkat lunak pemulihan file atau jika Anda tidak yakin cara menggunakan baris perintah.

Untuk menggunakan layanan online untuk memulihkan file yang terhapus, Anda perlu mengunggah file yang terhapus ke layanan tersebut. Layanan ini kemudian akan memindai file dan membuat daftar file yang dapat dipulihkan. Anda kemudian dapat memilih file yang ingin dipulihkan dan menyimpannya ke komputer Anda.

Langkah-langkah Pemulihan File

Menghapus file secara tidak sengaja dari flashdisk dapat menjadi situasi yang membuat frustrasi. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Anda dapat memulihkan file yang terhapus dan meminimalkan kerusakan lebih lanjut:

Langkah-langkah yang harus diikuti:

  • Hentikan penggunaan flashdisk: Segera hentikan penggunaan flashdisk setelah menyadari adanya penghapusan file. Ini akan membantu mencegah file yang dihapus ditimpa oleh data baru.
  • Gunakan perangkat lunak pemulihan data: Ada banyak perangkat lunak pemulihan data yang tersedia, baik gratis maupun berbayar. Pilih perangkat lunak yang memiliki reputasi baik dan sesuai dengan sistem operasi Anda.
  • Pindai flashdisk: Jalankan perangkat lunak pemulihan data dan pindai flashdisk. Proses ini mungkin memerlukan waktu, tergantung pada ukuran flashdisk dan jumlah file yang dihapus.
  • Pratinjau dan pulihkan file: Setelah pemindaian selesai, perangkat lunak akan menampilkan daftar file yang dapat dipulihkan. Pratinjau file untuk memastikan bahwa file yang Anda butuhkan ada dalam daftar, lalu pulihkan file tersebut ke lokasi yang aman.

Perangkat Lunak Pemulihan File

mengembalikan flashdisk terhapus hilang sudah cari recover sengaja ketemu sebelumnya

Perangkat lunak pemulihan file memainkan peran penting dalam mengembalikan data yang terhapus secara tidak sengaja. Berbagai opsi perangkat lunak tersedia, masing-masing dengan fitur dan kemampuan unik.

Fitur Umum

  • Pemindaian mendalam untuk menemukan file yang terhapus
  • Pratinjau file sebelum pemulihan
  • Pemulihan dari berbagai jenis media penyimpanan (misalnya, flashdisk, hard drive)

Contoh Perangkat Lunak

Recuva

Recuva adalah perangkat lunak pemulihan file gratis dan mudah digunakan yang dikembangkan oleh Piriform. Ini menawarkan:

  • Pemindaian cepat dan mendalam
  • Dukungan untuk berbagai format file
  • Opsi pemulihan yang aman untuk menghindari penimpaan data

Disk Drill

Disk Drill adalah perangkat lunak pemulihan file berbayar yang menawarkan fitur canggih seperti:

  • Pemindaian yang dapat disesuaikan dengan filter lanjutan
  • Pemulihan data dari perangkat yang diformat
  • Dukungan untuk pemulihan dari RAID dan partisi yang dihapus

EaseUS Data Recovery Wizard

EaseUS Data Recovery Wizard adalah perangkat lunak pemulihan file yang komprehensif yang mencakup:

  • Mode pemindaian yang berbeda untuk situasi pemulihan yang berbeda
  • Alat pemulihan partisi yang kuat
  • Opsi pemulihan dari cloud dan NAS

Tips Pencegahan

cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk

Menghapus file secara tidak sengaja adalah hal yang dapat membuat frustasi, tetapi ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah hal ini terjadi di masa mendatang.

Salah satu praktik terbaik adalah melakukan pencadangan rutin. Ini akan memastikan bahwa Anda memiliki salinan file Anda jika terjadi penghapusan yang tidak disengaja. Ada banyak cara untuk mencadangkan file Anda, seperti menggunakan hard drive eksternal, layanan penyimpanan cloud, atau bahkan flash drive lain.

Antivirus

Selain pencadangan, penting juga untuk menggunakan perangkat lunak antivirus. Ini akan membantu melindungi flash drive Anda dari malware yang dapat menyebabkan penghapusan file.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *